Tips Merawat Flashdisk

Tips Merawat Flashdisk

Flashdisk merupakan alat simpan data yang sangat populer dan keberadaannya saat ini menggeser fungsi disket,atau CD.
Flashdisk berbentuk lebih kecil jika dibanding dengan disket atau CD. Namun, kapasitas tampung data lebih besar dari disket atau CD. Jika sebuah disket mampu menyimpan data sejumlah 1.44MB, maka flashdisk bisa menyimpan data mulai 32 Mega Bytes – 2 Giga Bytes, tergantung dengan berapa kapasitasnya.

Mahal tidaknya flashdisk tergantung dari kapasitasnya, lebih besar kapasitasnya maka lebih mahal harganya. Berikut tips-tips agar flashdisk kesanyangan kita tetap awet dan tidak mudah rusak.
1. Jauhkan dari medan magnet kuat
Benda-benda elektronik seperti HP sangat kurang baik bagi flahdisk karena memiliki medan magnet yang besar dan dapat berakibat buruk pada flashdisk kita. Terkadang kita sembarangan meletakkan HP dan flashdisk ditempat yang sama dan berdekatan.
2. Jangan terkena air
Flashdisk sangat rentan dengan air. Dan jangan sekali-kali memasukkan flashdisk kedalam air.
Walaupun banyak merk yang mengatakan produknya waterproof (anti air), untuk memelihara keamanan dan menghindari kerusakan sebaiknya jangan ambil resiko.
3. Sering meng-scan virus
Ketika pengambilan data dari computer ke flashdisk sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah tetapi juga virus juga ikut. Apalagi kalau pengambilan data dilakukan dari internet, pasti virus-virusnya banyak. Virus seperti parasit yang selalu perlu tempat berkembang dan sangat merugikan. Sebaiknya, sesudah pengambilan data sesegera mungkin untuk meng-scan virusnya. Selain meng-scan virus kita juga harus meng-update anti virus agar anti virus dapat bekerja dengan baik.
4. Proses Eject/Stop
Usahakan selalu melakukan proses eject/stop dari port USB bila telah selesai, untuk meminimalisir kerusakan pada flashdisk dan dapat memperkecil pengaruh buruk pada data-data kita yang tersimpan didalamnya.
5. Jauhkan dari tempat panas
Semua barang-barang elektronik apapun itu tak terkecuali flashdisk sangat rentan dengan panas. Apalagi jika terkena panas matahari secara langsung. Sebaiknya flashdisk disimpan di tempat yang terhalang sinar matahari atau suhu panas yang lain.
6. Hindarkan dari benturan keras
Semua benda elekronik jika jatuh atau terkena benturan keras pasti rusak. Begitu juga flasdisk kesayangan kita. Maka jagalah dengan sebaik-baiknya jangan sekali-kali dijatuhkan,dibenturkan atau dibanting.
7. Tutuplah Selalu
Kondisi udara dan lingkungan kita sangat penuh dengan debu dan kotoran. Apabila socket flashdisk kita terkena debu/kotoran maka proses baca tulis kerap kali gagal atau bahkan tidak bias. Untuk mencegah hal itu maka harus ditutup setelah selesai digunakan atau saat tidak terpakai.
8. Meminimalisir proses hapus tulis
Setiap flashdisk memiliki waktu pakai. Waktu pemakaian flashdisk berbeda-beda. Rata-rata 10.000-100.000 proses hapus tulis. Upayakan jangan terlalu sering menghapus tulis dan jangan langsung mengedit data dari flasdisk anda.

Sekian sedikit tips agar flashdisk anda tetap terawat dan tetap bisa digunakan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s