Materi Fisika Mudah

Tips Belajar Fisika yang Menyenangkan, Dengan cara Dhimas!!!!

(Untuk guru yang cara menyampaikan materi kurang mendapat respon positif dari siswa).

Saya bukanlah guru fisika atau guru apapun. Saya hanyalah seorang siswa yang ingin membuat eksperimen tentang metode belajar anti bosan. Metode ini mungkin agak sedikit aneh dan kurang rasional. Saya bukanlah pecinta pelajaran fisika. Mungkin saya terpaksa belajar fisika karena waktu ini momok ujian nasional yang membuat saya terdorong untuk memacu konsentrasi di mata pelajaran yang masuk di daftar pokok UN. Karena saya adalah seorang siswa dikelas IPA, maka dalam pelajaran yang akan diujikan, mata pelajaran IPA masuk sebagai pokok-pokok UN mendampingi B.Indonesia, Matematika, dan juga bahasa inggris.

Berikut ini tahap-tahap menerapkan materi pembelajaran fisika (bagi guru)

  1. Usahakan saat jam masuk pelajaran, guru masuk kelas dengan ramah dan murah senyum.
  2. Ucapkan salam pada murid. (dengan ramah pula)
  3. (bila akan membahas PR) usahakan sebelum membahasnya, guru mengulang sedikit materi yang telah diajarkan kemarin.
  4. Waktu menyuruh siswa untuk mengerjakan PR/Tugas dipapan tulis, sebaiknya diberi motivasi, sebagai contoh : Jika siswa bisa mengerjakan Tugas dengan baik dan benar maka akan diberi suatu hadiah, sebagai pendorong motivasi siswa agar lebih memacu potensi belajar. Mungkin dengan metode ini guru akan mengalami sedikit kerugian karena harus memgeluarkan sesuatu sebagai haadiah,. Tapi jangan  kuatir. Hadiah tidak hanya berupa benda nyata., hadiah bisa berupa kenaikan nilai-nilai.
  5. Dengan begitu, siswa akan termotivasi untuk lebih aktif dalam tugas yang diberikan.
  6. Dalam penyampaian materi sebaiknya diselingi permainan-permainan yang akan menstimulasi pikiran siswa.
  7. Guru harus lebih kreatif menciptakan rumus-rumus sederhana untuk setiap materi yang disampaikan.
  8. Berusaha sabar.
  9. Jangan menyerah mengatasi anak-anak yang kurang bisa mengikuti perkembangan materi yang diajarkan.
  10. Disamping bisa menguasai materi fisika, guru harus bisa menggunakan fasilitas internet, bisa mengoperasikan internet.
  11. Guru bisa menggunakan lab. Internet atau multimedia atau audiovisual, pokoknya yang ada LCD proyektornya.
  12. Guru harus cepat, dan tepat tanggap dalam menerima segala permasalahan siswa selama materi berlangsung atau yang telah diajarkan.
  13. Sesekali membuat praktikum, menyusun karya ilmiah tentang pelajaran yang sedang dibahas.
  14. Guru harus bisa mengontrol, membaca kondisi psikologi siswa.
  15. Guru harus dekat dan akrab dengan siswa, karena dengan begitu komunikasi antar guru dengan siswa akan terus bisa dijaga.

Sedikit point-point yang dapat saya tuliskan disini. Mungkin jika ada kesalahan/kata-kata yang menyinggung perasaan Anda, saya selaku penulis blog ini minta maaf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s